PEMPEK PUTIH TELUR

Pempek Putih Telur


Resep by. Razanova Triana Putri

Sedikit pembaruan: Atik



Bahan :
 1 kg putih telur
 225 gr tepung sagu
 200 gr tepung terigu
 200 ml air
 kaldu bubuk/penyedap rasa sesuai selera
 1/2 sdt merica bubuk (tambahan saya)
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
 plastik es dan tali secukupnya
 air untuk merebus
 minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
 1. Masukkan putih telur kedalam wadah/baskom, masukkan tepung sagu, tepung terigu, air, penyedap rasa, dan merica, aduk rata (saya ngaduknya pake mixer agar cepat tercampur rata)
 2. Masukkan adonan kedalam plastik es, ikat. Tusuk-tusuk menggunakan jarum beberapa bagian plastik agar udara keluar, pelan-pelan aja ya, jangan sampai tusukkannya terlalu besar.
 3. Didihkan air, rebus adonan pempek hingga mengapung, tiriskan.
 4. Lepas dari plastiknya, iris tipis2 atau sesuai selera. goreng.
 5. Sajikan dengan cuko.

Untuk kuah cukonya saya memakai resep dibawah ini, kebetulan beberapa hari yang lalu ada yang sharing pempek DOS ala ny. Liem, yang saya modifikasi sesuai dengan selera dan bahan yang tersedia didapur saya..

Kuah Cuko
 Modifikasi by. Unieq Munawir

bumbu halus :
 6 butir bawang putih
 7-8 buah cabe rawit

500 ml air
 200 gr gula merah
 75 gr gula pasir
 100 ml air asam jawa
 1/2 sdm garam
 cuka secukupnya
Saya gak pke cuka

 Cara Membuat :
 Dalam panci, campur air, gula merah, bumbu halus, gula pasir dan garam, masak hingga gula larut, masukkan air asam, masak hingga mendidih. Saring, masukkan cuka sedikit demi sedikit hingga dirasa pas.

DQ, Atik Nurhanifah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAKWAN JAGUNG DAUN JERUK

TAPE GORENG KEJU ISI COKLAT

SATE AYAM LONTONG