JAPANESE COTTON CHEESE CAKE

BISMILLAH.....

By : Bune Reka

 
Source : Michael Lim



Bahan A:
80 gram susu UHT (saya pakai susu bubuk di seduh)
140 gram cream cheese
40 gram butter

Bahan B:
5 butir kuning telur
50 gram terigu (saya pakai tepung protein rendah kunci biru)
15 gram maizena
1/2 sdt garam
1 sdt lemon zest (saya pakai 1 sdt air lemon)

Bahan C:
5 butir putih telur
90 gram gula castor (saya pakai gula pasir biasa)

Cara buat:
1. Sebelumnya panaskan dulu oven (saya pake otang dan apinya agak besar) suhu sekitar 150°C
2. Siapkan loyang (saya pakai loyang sambungan diameter 18cm) dialasi baking paper.
Pinggirannya pakai kertas juga sekeliling loyang. Dan lebih tinggi dari loyang sekitar 2cm
3. Bahan A
Campur susu dan cream cheese. Lelehkan pake api kecil banget. Sambil terus di aduk.
Jangan sampe mendidih. Kalo creamnya udah leleh, tambahkan butter aduk2 sampai butter leleh. Matikan api. Sisihkan
4. Bahan B
Aduk kuning telur pakai whisk selama kurang lebih 2 menit.
5. Tuang campuran cream cheese ke dalam adonan kuning telur
6. Tambahkan terigu, maizena dan garam sambil di ayak, jadi 3 kali ayakan.
Aduk rata. Lalu tambahkan air lemon. Aduk sampai rata.
7. Bahan C
Mixer putih telur, saat sudah mulai berbusa tambahkan gula pasir. Mixer terus sampai soft peak
8. Tuang adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur perlahan lahan bai menjadi 3 kali tuang. Aduk pelan pelan sampai rata.
9. Panggang menggunakan teknik water bath/ au bain marie selama 1 jam 20 menit (saya manggang sampai 90 menit)

Note : pas masukin loyang berisi adonan pastikan air sudah panas



Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAKWAN JAGUNG DAUN JERUK

TAPE GORENG KEJU ISI COKLAT

SATE AYAM LONTONG